Sunday 15 February 2015

JUST SO STORIES

review-buku-sekadar-cerita-pengantar-tidur

Review Buku

Judul : Just So Stories (Sekadar Cerita)
Penulis : Rudyard Kipling
Alih Bahasa : Maggie Tiojakin
Ilustrasi : Staven Andersen
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2011
Tebal : 160 halaman

Review
Buku Just So Stories berisikan kumpulan kisah pengantar tidur yang terbit pertama kali tahun 1902. Di Indonesia buku ini sudah masuk dalam kategori Public Domain. Ditulis oleh seorang penyair, cerpenis, dan novelis Inggris bernama Rudyard Kipling. Pada edisi aslinya, buku ini menggunakan ilustrasi dari si penulis sendiri.

Just So Stories berisikan dua belas cerita pendek dengan judul-judul yang menarik. Seperti ‘Kenapa Paus Tidak Bisa Memakan Manusia’, ‘Tuntutan Seekor Kanguru’, ataupun ‘Kenapa Kulit Badak Penuh Lipatan’.

Semua cerita dalam buku ini sangat imajinatif dan mampu memancing imajinasi pembaca. Meski sudah ditulis lebih dari seratus tahun yang lalu, kisah-kisahnya tak lekang oleh waktu. Sederhana namun mengandung pesan-pesan yang tidak menggurui.

Saya sangat suka dengan kisah yang berjudul ‘Bagaimana Alfabet Dirumuskan’. Seorang anak perempuan bernama Taffy bersama ayahnya, Tegumai, berhasil merumuskan susunan alfabet  yang bermula dari kejutan rahasia Taffy. Menyenangkan sekali membaca bagian sewaktu mereka merumuskan cara menuliskan huruf T.

Di setiap akhir cerita, Rudyard Kipling menghadirkan puisi, yang mungkin akan lebih bisa dinikmati bila dibaca dalam versi bahasa aslinya.

Jauh—jauh sekali,
Amat sangat jauh hingga dia tak bisa memanggil ayahnya,
Datanglah Tegumai dan menemukan
Putri yang jadi permata hatinya.

4 dari 5 bintang

Have a happy reading time ^_^

No comments:

Post a Comment